Subscribe Now!

Jumat, 17 Mei 2013

Tortor Simalungun Akan Dipertunjukkan di Yordania


RAYA- Tortor Simalungun akan dipargelarkan di Kota Madaba, Yordania. Tortor tersebut akan mengisi salah satu acara pesta rakyat di Kota Madaba Yordania.  Hal itu disampaikan Bupati Simalungun JR Saragih kepada METRO usai acara pemberangkatan siswa SMA Plus PMS Raya ke Olimpiade Sains Nasional di Jakarta Sabtu (1/9). Menurut JR, penampilan tarian Simalungun tersebut dimintakan oleh Walikota Madaba dan Dubes Republik Indonesia untuk Negara Yordania saat kunjungan JR Saragih dan beberapa pimpinan SKPD ke Yerusalem beberapa waktu lalu.
Saat itu rombongan bupati juga menyempatkan diri berkunjung ke rumah dinas Duta Besar RI untuk Negara Yordania Zainulbahar Noor. “Saat ini saya sedang mempersiapkan penarinya. Hal ini merupakan kebanggaan kita karena budaya Simalungun bisa ditampilkan di negera lain,” katanya.  Ditambahkan JR, sebagai keseriusan Walikota Madaba, pihak Yordania siap memberikan fasilitas dan ongkos pulang bagi penari Simalungun yang akan tampil di negara tersebut. “Kita hanya menyiapkan ongkos keberangkatan mereka yang akan menari di sana, untuk fasiltas penginapan dan lainnya serta ongkos kembali ke Indonesia disediakan oleh Yordania,” katanya.
“Saat kunjungan ke rumah dinas Walikota Madaba  dan rumah dinas Dubes RI, kita diperlakukan dengan sangat ramah. Saat penyambutan, saya dan rombongan disambut dengan karpet merah dan selama perjalan di ibukota Yordania, kami difasilitasi dengan voreder untuk pengamanan lalu lintas,” katanya.  Selain itu, kata JR, dalam waktu dekat Walikota Madaba, Yordania juga akan berkunjung ke Kabupaten Simalungun untuk melihat tempat wisata di Simalungun seperti Danau Toba. “Kita akan belajar dari negara yang merupakan tujuan wisatawan mancanegara untuk meningkatkan sektor pariwisata kita, khususnya untuk peningkatan pendapatan daerah kita. Maka akan dibangun hubungan yang baik khususnya melalui pariwisata saat kunjungan walikota Yordania nantinya ke Simalungun,” jelas JR. (hot)

1 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
  1. @admin : postingani tor-tor simlaungun, mase gambar ni na dihut olimpiade?

    BalasHapus